Paket Hiking Gunung Papandayan

Paket Hiking Gunung Papandayan – Siapapun yang pernah mendaki Gunung Papandayan akan setuju jika gunung berapi yang masih aktif dan memiliki ketinggian mencapai 2.665 m dpl ini sangat indah dan bahkan akan membuat Anda tidak bisa move on atau akan merasa kangen dan ingin kembali mendaki dan mendaki. Selain itu, biaya hiking Papandayan yang tergolong murah juga menjadi alasan tersendiri kenapa Anda harus mencoba untuk mendaki Gunung Papandayan yang ada di Garut ini.

Tips Dapatkan Biaya Hiking Papandayan Murah

Ya, ketika ingin mendaki Gunung Papandayan, Anda tidak perlu dipusingkan dengan budget karena sejatinya pendakian ke Gunung Papandayan ini sangat murah meriah. Beberapa tips berikut ini akan membuat biaya pendakian ke Gunung Papandayan sangat murah. Cobalah ikuti tips berikut ini agar lebih hemat.

Mendaki Bersama Agen, All In Include

Pilihan pertama jika ANda ingin biaya hiking Papandayan tapi dengan pelayanan yang maksimal sehingga tidak terlalu dipusingkan dengan urusan akomodasi, logistik termasuk dengan barang-barang berat, tidak ada salahnya untuk mendaki bersama agen wisata. Asalkan semua sudah termasuk dari mulai akomodasi PP, tiket masuk Gunung Papandayan, pemandu, logistik (makanan, minuman dan snack), tenda, porter atau kuli pembawa perlengkapan berat seperti tenda, matrass, dan lain-lain.

Paket Hiking Gunung Papandayan

Mendaki Bersama Kelompok Ala Backpacker

Jika membeli paket wisata pendakian ke Gunung Papandayan dari agen wisata bukanlah pilihan Anda, maka pilihan kedua adalah dengan mendaki bersama kelompok dan melakukan perjalanan ala backpacker dengan naik angkot dan mobil pickup hingga sampai ke Camp David, lokasi start pendakian. Lebih baik, ajak teman yang sudah pernah mendaki agar tidak tersesat dan lebih cepat untuk menggunakan jalur pintas.

Paket Hiking Gunung Papandayan, Memang di setiap pos pendakian ada banyak warung dari mulai di Camp David hingga ke atas. Namun, warung-warung yang ada menyajikan makanan cepat saji seperti mie instan, teh dan kopi. Akan lebih baik jika perjalanan pendakian 2 hari 1 malam pendakian Gunung Papandayan ini dengan membawa makanan dan minuman bergizi sendiri untuk menghemat biaya hiking Papandayan selain karena Anda membutuhkan energi dan stamina yang prima untuk bisa terus mendaki dan menghangatkan badan.

Untuk minuman, warung di pos juga menyajikan minuman atau air mineral. Namun, jika ingin lebih hemat, bisa mengisi air di mata air. Di setiap mata air, Anda bisa mengisi air yang bisa langsung diminum. Lebih sehat, jernih dan alami serta lebih segar. Paket Hiking Gunung Papandayan, Cobalah untuk mengisi air ketika mendapatkan mata air. Cara ini akan menghemat biaya hiking Papandayan sekaligus memastikan fisik Anda tetap dalam keadaan prima. Bagaimanapun, makan dan minum merupakan kebutuhan yang sangat penting selama pendakian.

Memilih Teman yang Berpengalaman daripada Pemandu

Pemandu tentu akan menghabiskan dana yang tidak sedikit. Pemandu ini sangat penting untuk mengarahkan jalan, mengatur jadwal istirahat dan pendakian dan sebagai tempat untuk bertanya atau mendapatkan informasi. Jika memiliki budget dan baru pertama ke Gunung Papandayan, tidak ada salahnya untuk menyewa pemandu. Namun, jika ingin lebih hemat, ajaklah teman yang sudah berpengalaman dan mengenal medan Gunung Papandayan ini.

Tidak Jajan di Pos

Sebenarnya, ketika membawa makanan dan minuman yang bergizi, tidak perlu untuk jajan menghabiskan uang saat sampai di setiap pos. Tapi, saking ramainya pedagang di setiap pos dari mulai warung hingga penjual cilok (ya, Gunung Papandayan sudah sangat ramai dan bisa dikatakan seperti mall kata pendaki senior) bisa saja Anda tergoda untuk jajan. Tidak sedikit pendaki yang mengeluarkan biaya hiking Papandayan cukup besar karena menghabiskan uang untuk jajan dari mulai jajanan ringan hingga minuman seperti kopi, teh dan lainnya. Tidak ada salahnya membantu penduduk lokal, tapi di sini Anda ingin hemat bukan?

Dari beberapa tips di atas, tentu masih bisa ditambahkan yang lainnya. Namun, paling tidak tips di atas akan sangat membantu menekan biaya hiking Papandayan. Oya, sekedar informasi, biaya tiket masuk tidak lebih dari Rp 20.000. Namun, jika dihitung dengan biaya angkot dan tanpa pemandu, pengeluaran tidak akan sampai Rp 300.000. Tapi, jika menyewa elf dan pemandu termasuk porter, bisa lebih dari Rp 2 juta.

Related Post

Call Now
WhatsApp